Modul Pendalaman Materi Kegiatan Ekonomi Mapel IPS

0 Comments

Modul

Ilmu Pengetahuan Sosial (I P S)

PENDALAMAN MATERI

MATA PELAJARAN I P S

KEGIATAN EKONOMI

(Produksi, Distribusi dan Konsumsi)

UNTUK MATERI PENDALAMAN

PESERTA DIDIK

OLEH:

KEVIN INDRIANA, S.Pd

Madrasah Tsanawiyah Khadijah Malang

2021

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi hidayah, kekuatan, kesehatan, dan ketabahan kepada kami sehingga penyusunan modul pendalaman materi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (I P S) dapat terselesaikan.

Modul ini disusun dengan tujuan menyediakan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (I P S) untuk peserta didik MTs Khadijah Malang. Materi dan tugas pembelajaran dikembangkan dengan ketrampilan kegiatan ekonomi secara terintegrasi mengembangkan kompetensi peserta didik dalam berpikir kritis serta mengaplikasikan kegiatan ekonomi dalam lingkungan masyarakat.

Materi dalam modul ini terutama pada pembelajaran kegiatan ekonomi dikembangkan dalam bentuk ketrampilan peserta didik yang menekankan pengembangan keterampilan memahami aspek-aspek kegiatan ekonomi dan berlatih menjadi enterpreuner.

Selain itu, untuk keperluan pengayaan dan evaluasi, setiap unit dilengkapi dengan latihan dan evaluasi setiap materi. Kegiatan-kegiatan belajar dikembangkan untuk menjadikan peserta didik secara aktif belajar menjadi enterpreuner.

Dalam pembelajaran, diharapkan bertindak sebagai fasilitator, pemberi umpan balik, dan pendorong peserta didik agar berani mengaplikasikan dirinya untuk menjadi enterpreuner.

Penyusunan modul ini terselesaikan atas dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya penyusunan modul ini. Walaupun kami telah menyusun modul ini dengan upaya yang sungguh-sungguh, karena berbagai keterbatasan kami, modul ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharapkan masukan dari berbagai pihak, dan peserta didik pengguna modul ini, untuk perbaikan lebih lanjut.

Juni, 2021

Kevin Indriana, S.Pd

DAFTAR ISI

BAB I 3

PENDAHULUAN 3

A. Latar Belakang 3

B. Deskripsi Singkat 4

C. Tujuan Pembelajaran 4

D. Materi Pokok dan Sub Materi 4

E. Petunjuk Penggunanaan Modul 5

BAB II 5

MATERI POKOK 1 5

A. Indikator Keberhasilan 5

B. Uraian Materi 5

C. Latihan 7

D. Rangkuman 8

E. Evaluasi Materi Pokok 9

F. Umpan Balik dan Tindak Lanjut 12

BAB III 13

PENUTUP 13

A. Evaluasi Kegiatan Belajar 13

B. Umpan Balik 14

C. Tindak Lanjut 14

KUNCI JAWABAN 14

DAFTAR PUSTAKA 16

GLOSSARIUM 17

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan sering terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi memungkinkan bisa terjadi secara otodidak. Pendidikan secara umum terjadi dua jenis yaitu pendidikan formal dan non-formal. Salah satunya adalah pendidikan formal. Dalam pendidikan formal terjadi pada usia 5-18 tahun secara terstandarisasi yaitu dari TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Salah satu yang terjadi pada pendidikan jenjang SMP/MTs.

SMP/MTs adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia yang ditempuh dalam waktu tiga tahun dari kelas 7 hingga kelas 9. Adapun mata pelajaran yang di ajarkan di pendidikan jenjang SMP/MTs ini tidak sama dengan pada waktu peserta didik di SD. Mata pelajaran yang di sampaikan di jenjang SMP/MTs terbagi menjadi beberapa mata pelajaran terpisah misalnya, matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Penjaskes, Agama (Fiqih, Al-Quran Hadist, SKI, Bahasa Arab), Kesenian, TIK dll.

Mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah mata pelajaran yang mempelajari ilmu-ilmu sosial yang disajikan secara ilmiah dan psikologis yang memiliki tujuan untuk bidang pendidikan. Ada beberapa materi yang di sampaikan pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sesuai dengan jenjang pendidikannya. Salah satu materi kelas delapan yang membahas tentang kegiatan ekonomi, yang berisi tentang materi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Namun, terjadi dilapangan sebagian peserta didik merasa bosan dengan mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang biasanya di kemas dengan penyampaian materi atau hafalan. Dengan demikian kami sebagai pendidik mengupayakan agar materi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) bisa tersampaikan dengan mudah dikemas dalam bentuk inovasi-inovasi serta ketrampilan peserta didik dalam mempraktikkan kegiatan ekonomi dan menyelesaikan modul berisi soal-soal pengayaan agar tujuan pendidik dan peserta didik tercapai.

  1. Deskripsi Singkat

Pada modul yang akan di bahas pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yaitu tentang Kegiatan Ekonomi yang meliputi Produksi, Distribusi dan Konsumsi yang di kemas dalam bentuk materi singkat, soal-soal serta kolom bukti laporan praktikum kegiatan ekonomi.

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul peserta didik kelas tujuh dapat mengetahui dan mempraktikkan kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi dengan benar dan tepat.

  1. Materi Pokok dan Sub Materi

Adapun materi yang akan di dibahas pada modul ini adalah materi tentang memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam lingkup kegiatan ekonomi. Dalam hal ini akan membahas tentang ruang lingkup kegiatan ekonomi yang berupa kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

  1. Petunjuk Penggunanaan Modul

Pada modul yang sudah disediakan peserta didik sebelum menyelesaikan modul diharapkan memahami petunjuk yang disediakan pada lembar soal dan mempraktikkan kegiatan ekonomi yang di tunjukkan dengan bukti laporan secara berkala.

BAB II

MATERI POKOK 1

  1. Indikator Keberhasilan

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik di harapkan mampu menyelesaikan soal-soal di modul dengan baik dan mengaplikasikan kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi di lingkungan masyarakat.

  1. Uraian Materi
  2. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi atau aktiftas ekonomi adalah segala aktifitas yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi dalam sehari-hari terdiri atas kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan suatu barang. Orang atau Lembaga yang mengolah atau menhasilkan barang atau jasa disebut Produsen. Pada ruang lingkup kegiatan produksi ini meliputi menghasilkan barang, tetapi tidak hanya itu arti dari kegiatan produksi ini bisa lebih luas, jika bisa menambah nilai guna barang. Maka ada dua makna arti produksi ini suatu kegiatan menghasilkan barang/jasa dan menambah nilai guna barang/jasa. Berdasarkan pengertian produksi tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai guna suatu barang akan bertambah bila barang tersebut diolah lagi dan menghasilkan barang lain. Dan setiap barang itu memiliki nilai guna (utilitas) yang berbeda. Perbedaan nilai guna tersebut dapat di lihat dari nilai guna bentuk (form utility), nilai guna tempat (place utility), nilai guna waktu (time utility), nilai guna kepemilikan (ownership utility). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan produksi dapat dibedakan menjadi 4 yaitu faktor alam, tenaga kerja, faktor modal dan keiwrausahaan.

Kegiatan Distribusi adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan, menyebarkan atau menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Orang atau lembaga yang menjalankan kegiatan distribusi disebut distributor. Kegiatan distribusi ini umumnya dilakukan oleh para pedagang yang menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Adapun fungsi dari distribusi adalah menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, memecahkan perbedaan tempat, memecahkan perbedaan waktu, seleksi dan kombinasi barang. Penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor pasar, faktor barang, faktor perusahaan, faktor kebiasaan dalam membeli. Barang yang dihasilkan oleh produsen agar dapat meningkat kegunaannya bagi konsumen, maka peranan distributor sangat dibutuhkan, pihak-pihak (Lembaga distribusi) yang menyampaikan hasil produksi dari produsen ke konsumen ialah agen, pedagang besar (grosir), pedagang eceran, makelar, komisioner, importir dan eksportir. Disamping itu peran distributor masih ada yaitu penyalur, seperti pos, koperasi, internet, email, dan pedagang kaki lima.

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia memakai, menggunakan, mengurangi, atau menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pada saat barang dan jasa digunakan akan semakin berkurang dan akhirnya akan habis. Berkurang atau habisnya nilai guna barang dan jasa tampak dari semakin tidak mempunyai barang dan jasa. Sifat mengkonsumsi barang dapat bersifat langsung atau tidak langsung. Yang dikonsumsi secara tidak langsung umumnya dilakukan pada barang modal atau barang yang dapat dipakai beberapa kali, misalnya mesin jahit, mobil, perabot rumah tangga dan lain-lain. Adapun faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi adalah pendapatan, harga diri terhadap lingkungan, harapan pendapatan tinggi dimasa yang akan datan, tingkat pendapatan, tempat tinggal serta umur dan jenis kelamin. Masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi dibedakan kedalam tiga golongan yaitu, rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, dan rumah tangga pemerintah.

Aspek positif perilaku konsumtif merupakan sisi baik dari perilaku konsumtif. Aspek konsumtif barang dan jasa bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan. Aspek negatif perilaku konsumtif merupakan sisi buruk dari perilaku konsumtif, misalnyaseseorang yang melakukan konsumsi minuman keras, mungkin memenuhi kebutuhan rasa hausnya namun tidak akan meningkatkan kesejahteraannya karena dapat merusak kesehatan. Adapun hal yang harus di perhatikan dala melakukan konsumsi adalah kemmapuan dan daya beli untuk barang kebutuhan yang akan dikonsumsinya serta kesesuaian dengan tempat, adat istiadat, agama dan budaya serta masyarakat sekitarnya.

  1. Latihan

Kerjakan dan buatlah kelompok maksimal 5 anggota kemudian diskusikan bersama kelompokmu.

  1. Jika seseorang/perusahaan akan melakukan kegiatan produksi dan menggunakan faktor-faktor produksi maka, faktor produksi apa yang peranannya paling besar ?
  2. Coba kamu cari tahu informasi tentang kesulitan dan kendala distribusi barang dan jasa di Indonesia, apa penyebab kendala dalam distribusi barang dan jasa tersebut ?
  3. Jika jumlah pengeluaran untuk konsumsi lebih besar daripada pendapatan maka akan lebih mudah untuk mengurangi pengeluaran atau melakukan penghematan daripada mencari pendapatan, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini ? Berikan alasan yang mendukung pendapatmu.
  4. Praktikkan dengan anggota kelompokmu kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Dan buatlah laporan hasil kegiatan ekonomi kalian !
  5. Rangkuman

Dalam kegiatan produksi membutuhkan faktor produksi untuk menghasilkan produk barang atau jasa. Faktor produksi ini gunakan untuk menghasilkan barang dan jasa dalam rangka menambah manfaat suatu barang atau jasa. Faktor produksi ini terdiri dari faktor produksi alam, tenaga kerja modul dan kewirausahaan. Dalam hal ini faktor utama yang paling mempengaruhi adanya faktor-faktor produksi ialah faktor produksi alam atau sumber daya alam. Faktor produksi alam adalah segala yang disediakan alam baik langsung dan tidak langsung serta dapat digunakan manusia dalam kegiatannya guna memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Distribusi adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan, menyebarkan atau menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Salah satu faktor terkendalanya kegiatan distribusi ini adalah saluran barang dan jasa tidak lancar, maka dampaknya konsumen dirugikan dan pihak produsen. Jadi sistem distribusi ini dianggap efisien apabila memenuhi dua syarat antara lain mampu menyampaikan hasil-hasil dari produsen kepada konsumen dengan biaya semurah-murahnya, mampu mengadakan pembagian yang adil dari keseluruhan harga yang dibayar konsumen terakhir kepada semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan produksi dan distribusi barang tersebut.

Konsumsi adalah segala kegiatan memakai, menggunakan barang dan jasa guna untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia. Apabila manusia itu terlalu banyak mengkonsumsi barang dan jasa maka yang terjadi ialah pembengkakan pada biaya pengeluaran. Dalam hal ini peran konsumen yaitu dengan mengurangi pengeluaran dan lebih selektif untuk mengkonsumsi barang atau jasa.

  1. Evaluasi Materi Pokok

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat.

  1. Usaha atau pengorbanan untuk memperoleh sesuatu yang dibutuhkan manusia merupakan ….
  2. Kegiatan berdagang
  3. Kegiatan belajar
  4. Kegiatan ekonomi
  5. Kegiatan bimbel
  6. Rahmad menggunakan berbagai media IPTEK seperti TV, Radio, dan internet sebagai sarana mempromosikan barang dagangannya. Tindakan Rahmad menggunakan media tersebut sesuai dengan peran IPTEK dalam kegiatan ….
  7. Produksi
  8. Distribusi
  9. Konsumsi
  10. Ekonomi
  11. Suatu barang yang dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia disebut ….
  12. Barang produksi
  13. Barang konsumsi
  14. Produsen
  15. Konsumen
  16. Berikut ini yang termasuk kegiatan produksi adalah ….
  17. Ibu sedang makan nasi goreng
  18. Petani menanam padi di sawah
  19. Adik membeli es krim bersama teman
  20. Arman membeli pulpen di koperasi sekolah

Gambar 1.

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa gambar tersebut melakukan kegiatan ….

  1. Produsen
  2. Ekonomi
  3. Distribusi
  4. Konsumsi
  5. Pendapatan mempengaruhi pola konsumsi setiap seseorang. Orang yang berpendapatan tinggi cenderung ….
  6. Melakukan konsumsi lebih banyak
  7. Menyukai barang sederhana
  8. Melakukan berbagai pilihan barang
  9. Menyukai barang mewah
  10. Perhatikan pernyataan berikut ini.
  11. Sumber Daya Alam
  12. Tenaga kerja
  13. Kerjasama
  14. Teknologi

Berdasarkan pernyataan tersebut, faktor produksi ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 2 dan 3
  3. 2, 3 dan 4
  4. 3, 4 dan 5
  5. Pedagang yang membeli barang hasil produksi tidak langsung kepada produsen melainkan melalui pedagang besar dengan tujuan untuk dijual kembali disebut ….
  6. Agen
  7. Grosir
  8. Makelar
  9. Pedagang kecil
  10. Akmal tinggal di daerah pantai sehingga sering mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Di sisi lain, Adi tinggal di daerah pegunungan sehingga sering mengkonsumsi makanan hangat. Perbedaan pola konsumsi antara Akmal dan Adi disebabkan oleh ….
  11. Perbedaan latar belakang Pendidikan
  12. Jumlah anggota kelurga
  13. Lingkungan tempat tinggal
  14. Gaya hidup
  15. Perhatikan table dibawah ini.

Gambar 2.

Berdasarkan tabel tersebut yang termasuk ke dalam jenis-jenis distributor ditunjukkan oleh ….

  1. A1, B1, dan C1
  2. A1, B1 dan C2
  3. A2, B2 dan C2
  4. A2, B3 dan C2

F. Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Bagus! Peserta didik telah mengerjakan evaluasi materi pokok yang terdapat dalam modul ini. Sekarang cocokanlah jawaban Peserta didik dengan kunci jawaban yang terdapat dalam Bab Penutup. Jika 80 % jawaban Peserta didik benar, lanjutkan untuk mempelajari materi pokok berikutnya. Jika jawaban Peserta didik yang benar 80%, maka pelajari kembali buku materi pokok 1.

BAB III

PENUTUP

Evaluasi Kegiatan Belajar

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat.

  1. Uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi !
  2. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya produksi ?
  3. Apakah peran IPTEK bagi kegiatan distribusi ?
  4. Buatlah tabel contoh kegiatan ekonomi produksi, distribusi, konsumsi !
  5. Apa yang kalian ketahui tentang manusia sebagai makhluk ekonomi ?
  6. Umpan Balik

Peserta didik telah mengerjakan tes modul untuk mengukur kemampuan dalam mempelajari keseluruhan isi modul. Cocokanlah jawaban tes peserta didik dengan kunci jawaban yang tersedia. Jika jawaban peserta didik yang benar mencapai 80 % BAGUS, peserta didik telah berhasil memiliki penguasaan yang baik dalam mempelajari isi modul.

  1. Tindak Lanjut

Harapan peserta didik setelah mempelajari modul yang telah disediakan. Agar dapat menambah wawasan, dan dapat mengaplikasikan kegiatan ekonomi dalam kegiatan keseharian. Sehingga peserta didik dengan mudah untuk untuk lebih fokus pada materi yang disampaikan. Bagi saudara yang masih kurang memahami materi diharapkan untuk menambah wawasan dari berbagai jenis referensi lainnya.

KUNCI JAWABAN

  1. Kunci Jawaban Evaluasi Materi Pokok/ BAB II
No Jawaban No Jawaban
1 C 6 A
2 B 7 B
3 B 8 B
4 B 9 C
5 D 10 B
  1. Kunci Jawaban Evaluasi Materi Pokok/ BAB III
No Jawaban
1 3 pokok kegiatan ekonomi :

  1. Kegiatan Produksi :

Kegiatan yang menghasilkan, mengolah, barang atau jasa guna untuk memenuhi kebutuhan manusia

  1. Kegiatan Distribusi :

Kegiatan untuk menyampaikan, menyebarkan atau menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

  1. Kegiatan Konsumsi :

Kegiatan memakai, menggunakan barang dan jasa guna untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia.

2 Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya produksi :

  1. Faktor produksi asli : faktor produksi ini berhubungan langsung dan telah tersedia di alam dan terdiri atas sumber daya alam dan tenaga kerja.
  2. Faktor produksi turunan : faktor produksi ini berhubungan dengan buatan manusia yang sifatnya mendukung faktor produksi asli.
3 Peran IPTEK dalam kegiatan distribusi dengan adanya peran IPTEK secara tidak langsung akan membantu kelancaran distribusi misalnya membantu mempermudah jalannya distribusi dengan bantuan mesin, teknologi yang dapat mempermudah penyaluran barang. Sehingga Iptek dapat membantu pemasaran dengan jaringan online dan offline dan barang atau jasa tersalurkan sesuai dengan yang diharapkan.
4
Produksi Distribusi Konsumsi
Petani mengolah hasil padi digunakan sebagai bahan baku makanan manusia Pedagang menjual beras hasil produksi dari petani Konsumen membeli beras kemudian beras di masak dijadikan bahan makanan keseharian.
5 Manusia dikatakan sebagai makhluk ekonomi karena manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer, sekunder, tersier.

DAFTAR PUSTAKA

Nugraha, Setia, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: Putra Nugraha.

Setiawan, Iwan, dkk 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.—Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Xiv, 314 hlm. ; 25 cm.

Nurdin, Muh. , dkk, 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Gambar 1 : https://www.google.com/search?q=kegiatan+konsumsi&sxsrf=ALeKk01xg3uc2NqkZ7Bh-LM

Gambar 2 : https://www.google.com/search?q=kegiatan+konsumsi&sxsrf=ALeKk01xg3uc2NqkZ7Bh-LM

GLOSSARIUM

Ekonomi :mengatur rumah tangga, seperti rumah tangga perusahaan, masyarakat, negara dan dunia.
Produsen :orang atau lembaga yang kegiatannya mengolah barang atau jasa,
Distributor :orang atau Lembaga yang kegiatannya menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
Konsumen :orang yang kegaiatannya mengahabiskan, memakai barang atau jasa guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Faktor Produksi :segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa dalam rangka menambah manfaat suatu barang atau jasa.
Faktor Distribusi :segala sesuati yang digunakan untuk menyalurkan barang atau jasa kepada konsumen
Faktor Konsumsi :segala sesuatu yang digunakan untuk menghabiskan, memakai barang atau jasa guna memuaskan kelangsungan hidup manusia.
Agen :orang atau badan sebagai perantara yang bertugas membantu menjualkan barang dagangan hasil milik produsen kepada konsumen.
Makelar :orang atau badan yang bertindak sebagai perantara yang kegiatannya menjualkan atau membelikan barang bukan atas nama sendiri tetapi atas nama pemilik/penjual atau pembeli barang yang diperdagangkan.
Komisioner :oarng atau badan sebagai perantara perdagangan yang kegiatannya menjual atau membeli barang dagangan yang bertindak atas namanya sendiri, tetapi barang itu untuk orang lain.
Eksportir :badan atau Lembaga yang menjual barang ke luar negeri
Importir :badan atau Lembaga yang membeli barang dari luar negeri dan menjualanya kembali di dalam negeri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *