KEGIATAN MANASIK HAJI MTS KHADIJAH

0 Comments

Langkah awal menjadi tamu Allah. Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Salah satu materi pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik kelas VII-IX. Oleh karena itu sebagai penguatan karakter dibidang haji dan umrah agar peserta didik benar-benar memahami bagaimana rentetan tatacara pelaksanaan haji dan umrah tersebut maka madrasah memprogramkan pada tahun  ini untuk langsung membawa peserta didik mereka melaksanakan manasik haji dan umrah.

Kegiatan manasik haji ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan MTs Khadijah Kota Malang sebagai implementasi pembelajaran Praktik Ibadah. Peserta didik selama 2 pekan dapat menghafal doa-doa manasik. Yang menjadi perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya adalah pelaksanaan manasik haji ini perdana dilakukan di Islamic Center Kabupaten Malang, Jl Trunojoyo Kepanjen.

Kegiatan manasik haji dimulai dengan sambutan yang dilaksanakan di madrasah oleh Bapak Kepala Madrasah (Eko Wardoyo,S.Pd). Sesampainya di Islamic Center, anak-anak berkumpul sesuai dengan rombongan masing, dengan menganakan pakaian ihrom untuk peserta didikputra dan baju putih untuk siswi putri ditambah seragam sleyer disetiap rombongan. Dengan arahan bapak/ibu guru dan walikelas sebagai ketua rombongan peserta didik melaksanakan semua rangkaian manasi mulai dari niat dari miqad, talbiyah, melihat ka’bah, memulai tawaf, simulasi minum air zam-zam, ke bukit sofa marwah,melempar jumrah, tawaf, sa’I dan tahalul. Alhamdulillah, semua peserta didikmengikuti dengan bersemangat tak kenal lelah.

Pelaksanaan manasik haji ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada peserta didik tentang cara pelaksanaan ibadah haji, memberikan pendidikan keislaman, serta dapat memberi motivasi bagi peserta didikuntuk berniat melaksanakan ibadah haji di baitullah.

Salam sokha!

Wassalamualaikum Wr Wb

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *