KEGIATAN TENGAH SEMESTER: MADSAKHA GOES TO KOARMADA II TNI ANGKATAN LAUT & MASJID AL AKBAR KOTA SURABAYA

0 Comments

Belajar sekaligus healing. Kegiatan Tengah Semester MTs Khadijah merupakan program kegiatan belajar yang dilakukan secara outdoor disemua kelas. Kali ini KTS dilaksanakan dengan berfokus di wilayah ibu kota Jawa Timur yaitu Surabaya.


Peserta didik MTS khadijah sudah dibekali LKPD yang wajib dikerjakan di tempat tujuan, sehingga bukan hanya healing saja tetapi juga belajar. Tentunya tugas yang diberikan madrasah tidak melulu hanya itu saja tetapi bervariatif dan pastinya mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penasaran kan??

Ini nih jawabannya,

Tugas terdiri atas dua tugas. (1) Tugas wajib dan (2) tugas pilihan.

 

1. Tugas wajib berbentuk pertanyaan terbuka yang bisa dijawab singkat dalam satu kalimat.

 

2. Tugas pilihan berupa karya dengan 10 macam pilihan. Siswa akan menentukan pilihan terbatas pada kertas yang dibagikan di setiap kelas. Di antara pilihan tersebut sebagai berikut.

 

1. DESKRIPSI LOKASI (KRI)

2. DESKRIPSI LOKASI (MASJID)

Siswa membuat tulisan deskripsi tentang destinasi (KRI/MASJID) secara umum atau spot favorit. Minimal 100 kata.

3. CERITA PENGALAMAN (KRI)

4. CERITA PENGALAMAN (MASJID)

Siswa membuat tulisan dalam bentuk cerpen tentang kesan. Baik kesan secara umum, atau kesan khusus dari sudut pandang siswa, misalnya kesan terhadap teman, guru, atau yang lainnya. Cerita bebas tidak terbatas pada pilihan destinasi. Minimal 100 kata.

5. BERITA PERJALANAN (KRI)

6. BERITA PERJALANAN (MASJID)

Siswa menjadi jurnalis sehari. Dengan memburu fakta peristiwa pada destinasi pilihan, siswa menuangkan beritanya yang meliputi unsur berita (5w+1h). Minimal 100 kata.

 

7. DATA DAN FAKTA (KRI)

8. DATA DAN FAKTA (MASJID)

Siswa mencari data dan fakta dari narasumber terpercaya pada destinasi pilihan. Data dituangkan dalam bentuk tabel. Fakta dituangkan dalam bentuk poin-poin.

9. KARYA FOTOGRAFI (KRI)

10. KARYA FOTOGRAFI (MASJID)

Siswa memfoto objek atau lanskap pada destinasi pilihan. Kamera yang dibawa siswa merupakan tanggung jawab masing-masing siswa. 4 foto terbaik dicetak dalam ukuran 4×6 dan ditempel di LKPD masing-masing.

Tugas yang menarik kan?

Nantinya tugas yang sudah dikerjakan peserta didik akan menjadi kliping kegiatan tengah semester 2023.

Koarmada II TNI Angkatan Laut merupakan tempat yang educatif untuk peserta didik belajar serta healing. Disana peserta didik melihat secara real kapal-kapal perang milik Indonesia, sekaligus lebih dekat dengan wilayah perairan. Tak hanya itu, peserta didik juga benar-benar naik  kapal sehingga bisa melihat bagaimana dan apa saja yang ada di kapal perang milik Indonesia. Yang tak kalah penting adalah peserta didik bisa menyaksikan jembatan yang fenomenal yaitu jembatan suramadu. Menyenangkan sekalii

Kemudian kita melanjutkan perjalanan menuju masjid super megah dan hits di Surabaya yaitu masjid Al Akbar, yang terletak di Pagesangan kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Peserta didik dan bapak/ibu guru bisa santai sambil memandangi bangunan yang megah dan bisa bersantai mengerjakan tugas. Peserta didik bebas mengeksplore spot favorit mereka untuk menjawab tugas yang diberikan.

Semoga Kegiatan Tengah Semester ini bisa menjadi sarana peserta didik untuk belajar sambil healing.

Salam Sokha!

 

Wassalamualaikum Wr Wb. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *