ANBK 2024 di MTs Khadijah Malang: Mempersiapkan Generasi yang Unggul dan Siap Menghadapi Tantangan Masa Depan

0 Comments

Pada Tanggal 11-12 September 2024 MTs Khadijah Malang telah melaksanakan Asesmen Nasional Berbabis Komputer (ANBK) yang berlangsung di Laboratorium Komputer MTs Khadijah, dan diikuti oleh 50 peserta yang terbagi dalam 2 sesi dalam setiap pelaksanaanya. Sementara itu, gladi bersih telah dilakukan terlebih dahulu pada tanggal 4-5 September 2024, dan pada tanggal 6 September 2024 juga dilaksanakan gladi berih ANBK tambahan bersama bimbel Nurul Fikri Malang.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK ini sedniri adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.

Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Secara keseluruhan pelaksanaan ANBK di MTs Khadijah Malang berjalan dengan sukses, dan madrasah sangat antusias mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti asesmen ini dengan sangat baik. Pelaksanaan ANBK ini bukan hanya sekedar ujian semata, melainkan sebuah alat ukur yang penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan dalam proses pendidikan. Melalui hasil ANBK ini, MTs Khadijah Malang akan terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pengembangan karakter siswa, guna mempersiapkan generasi yang unggul dan siap menghadapi tantangan masa depan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *