KEGIATAN PROYEK MADRASAH ZERO BULLYING

0 Comments

Bangunlah Jiwa Raganya.Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di MTS KHADIJAH Kota Malang adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan kegiatan P5 ini menggunakan 80 jam pelajaran atau selama 2 pekan efektif. Tema yang dipilih pada pelaksanaan P5 adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya,” dengan sub tema Madrasah Zero Bully . Nilai karakter yang diharapkan dapat berkembang  antara lain berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah tetap melekat kuat “Rahmatan Lil Alamin” sesuai dengan QS Al Hujurat: 11 “Janganlah kmu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim”

Kegiatan diawali dari pembentukan tim pelaksana P5 tingkat madrasah, antara lain terdiri dari Penanggungjawab, Ketua tim, Koordinator kelas, Fasilitator, dan Pendamping P5. Selanjutnya tim bertugas dalam mendesain pelaksanaan kegiatan P5, mensosialisasikan rencana pelaksanaan kegiatan, melaksanaan kegiatan P5, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan secara berjenjang. Teknis dari pelaksanaan P5 dimulai dari pembentukan tim P5. Seluruh guru terlibat dalam pelaksanaan P5 ini.

Untuk menambah wawasan tentang tema yang diambil, maka peserta didik melaksanakan model Jigsaw sehingga peserta didik dengan bebas mengeksplor apa saja tentang bully, sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka. Disisi lain peserta didik berperan aktif pada aktivitas ini. Setiap kelas  menjadi 4 kelompok dengan pendamping 1 guru. Antusiasme peserta didikkelas 7-9 dan warga sekolah merebak ke seluruh penjuru sekolah. Selain merupakan hal baru baik bagi peserta didikmaupun guru, tema dan sub tema yang dipilih sangat dekat dengan permasalahan yang kerap muncul di kalangan masyarakat.

Berdasarkan tema yang dipilih yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya, materi yang diberikan pada peserta didik tertuang dalam sebuah juknis serta jurnal kegiatan P5. Beberapa konsep materi yang diberikan misalnya peserta didikdiajak untuk lebih memahami Profil Pelajar Pancasila, Mengenali Diri serta Pembelajaran Sosial Emosional. Diharapkan peserta didikakan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan bagaimana profil pelajar Pancasila bagi diri masing-masing. Dengan mengenali diri dan lingkungannya, serta pembelajaran sosial emosional, peserta didikdiharapkan memiliki karakter yang lebih mandiri, mengenal potensi, bakat minat yang dimiliki serta bagaimana mewujudkan secara positif. Peserta didikdiharapkan mampu membiasakan budaya positif seperti menghargai diri dan orang lain, berperilaku baik, memiliki rasa peduli dan empati pada orang lain dan lingkungannya. Sehingga akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman bagi seluruh siswa. Alias say no to bully.

 

Selanjutnya peserta didik diajak mengenali dan memahami serta memecahkan permasalahan tentang bullying atau perundungan. Mengapa banyak terjadi di lingkungan? Bagaimana upaya pencegahannya? Tindakan apa yang semestinya dilakukan peserta didikmelawan bullying atau  perundungan? Peserta didikdalam kelompok memecahkan permasalahan tersebut dengan berbagai langkah dan hasilnya dituangan dalam bentuk produk yang beragam. Dalam hal ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi, baik konten, proses maupun produk.

Madrasah juga mengundang narasumber yang sudah dibidangnya dengan harapan menjawab kegalauan tentang tindak pembullyan.

 

Apa saja hasil karya yang dihasilkan oleh anak-anak hebat MTs Khadijah??

Banyaaaakkkk sekalii

  1. Speech (Bahasa inggris/bahasa jawa/bahasa indonesia)
  2. Podcast
  3. Film pendek
  4. Drama
  5. Phantomim
  6. Jingle agen perubahan
  7. Senam anti bully
  8. Menyanyi stop bully-bully
  9. Yel-yel
  10. Puisi
  11. Poster digital/non digital

Luarrr biasaaaaa !!!!

Pada akhirnya puncak P5 MTs Khadijah adalah GELAR KARYA MADRASAH ZERO BULLYING. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung yang megah yaitu MCC (Malang Creative Center) di Jl Ahmad Yani no 53 Blimbang Kota Malang. Peserta didik masuk di 2 ruang bioskop untuk bersama-sama menampilkan hasil karya nya. Wowww.

Ardie Fajar, salah satu guru mengucapkan “Alhamdulillah, kegiatan P5P2RA telah terlaksana dengan baik dan sesuai harapan, meskipun dalam prosesnya masih banyak yang perlu di evaluasi tapi untuk acara perdana yang mengimplementasikan kurikulum merdeka, menurut saya pribadi sangat puas dan bangga akan karya peserta didik MTs Khadijah Kota Malang. Harapan kami kegiatan semacam ini harus dilaksanakan secara continue. Untuk anak-anak saya berharap dapat lebih vocal dalam speak up melawan bullying”

Video Puncak Gelar Karya dapat disaksikan pada tautan

Simak dokumentasi kegiatan Madrasah Zero Bullying dan karya poster digital by peserta didik MTs Khadijah Kota Malang

Salam Sokha!

Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *